Sinjai Mulai Terdampak Cuaca La Nina, BPBD Sinjai Imbau Warga Waspada

Banjir setinggi lutut orang dewasa di ruas Jalan Persatuan Raya Kota Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Banjir ini akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (8/7/2021) lalu. /Ashari/Kopernesia.

KOPERNESIA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melaporkan bahwa wilayah Sinjai mulai terdampak cuaca La Nina.

Dampak yang dimaksud itu karena beberapa hari terakhir, Sinjai dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Ciri-ciri yang disebutkan BMKG sudah mulai terjadi di Sinjai beberapa hari terakhir ini," kata Kepala BPBD Sinjai, Budiaman, Selasa (2/11/2021).

Ia menyebut bahwa ada empat kecamatan telah terdampak hujan lebat. Diantaranya di Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Selatan, Sinjai Barat, dan Sinjai Tengah.

"Empat daerah itu terdampak petir saat hujan lebat turun. Selain itu, angin kencang juga telah mengakibatkan lima unit rumah rusak di Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe," kata Budiaman.

Lanjut diungkapkan bahwa hampir setiap hari, awan kumulonimbus tampak di wilayah kecamatan di Sinjai. Untuk itu, BPBD Sinjai mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada, khususnya masyarakat yang bermukim di daerah yang rawan bencana alam, seperti di wilayah Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Selatan, Sinjai Barat, dan Sinjai Tengah," imbaunya.

"Sementara untuk di wilayah Kecamatan Sinjai Timur, Tellulimpoe, dan Pulau Sembilan tetap waspada akan rawannya angin kencang. Sedangkan wilayah di Kecamatan Sinjai Utara waspada datangnya banjir," sambung Budiaman. ***

Penulis:

Baca Juga