Ini Manfaat Surat Al-Mulk Jika Diamalkan

Ilustrasi - Ini Manfaat Surat Al-Mulk Jika Diamalkan
Ilustrasi - Ini Manfaat Surat Al-Mulk Jika Diamalkan

KOPERNESIA - Surat Al-Mulk adalah surat ke 67 dalam Al-Quran yang diturunkan di kota Mekah oleh sebab itu, surat ini disebut surat Makkiyah yang merupakan surat pembuka dari juz 29 dengan terdiri dari 30 ayat.

Dalam surat tersebut terkandung makna tentang kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia.

Surat Al-Mulk dianjurkan untuk dibaca setiap hari khususnya sebelum tidur.

Seperti surat Al-Quran yang lain, surat Al-Mulk juga mempunyai banyak manfaat jika sering mengamalkannya. Seperti hadits riwayat At-Tirmidzi

"Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca Alif Laam Miim tanzil As-Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Al-Mulk)"

Berikut beberapa manfaat membaca surat Al-Mulk yang dihimpun dari berbagai sumber:

Diampuni dosa-dosanya

Jika umat muslim rutin membaca surat Al-Mulk niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya. Hal ini berdasarkan pahala yang ia terima ketika membaca ayat Al-Quran.

Anas bin malik Mengatakan Rasulullah SAW bersabda :

"Ada surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat surat tersebut dapat membela temannya sehingga memasukkannya ke surga yaitu surat tabarok" (HR. Thabroni).

Terhindar  dari siksa kubur

Apabila umat muslim rajin mengamalkan surat Al-Mulk maka Allah akan menolongnya dari siksa kubur dan ia telah melakukan banyak kebaikan.

Abdullah bin Mas’ud mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah SAW (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. Nasa’i)

Memberi syafaat

Barang siapa umat muslim yang membaca atau mengamalkan surat Al-Mulk Allah akan memberi pertolongan melalui perantara Nabi SAW kelak.

hadits riwayat Abu Dawud, Nabi SAW bersabda :

"Ada satu surat dalam Al Quran yang berjumlah tiga puluh ayat, di mana surat tersebut akan memintakan syafa'at bagi pembacanya hingga ia diampuni. Surat itu adalah Al-Mulk

Menjauhkan diri dari maksiat

Dalam surat Al-Mulk disebutkan bahwa orang yang taat kepada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat.

"Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika meraka tidak nampak dihadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi tentu dalam keadaan terang-terangan merakapun lebih taat lagi kepada Allah." (QS. Al-Mulk : 12). ***

Penulis:

Baca Juga