Ini Lho! Manfaat Kangkung yang Jarang Kamu Ketahui

Ilustrasi Kangkung/Pixabay
Ilustrasi Kangkung/Pixabay

KOPERNESIA - Kangkung merupakan salah satu tanaman sayur yang digemari masyarakat. Tanaman yang tumbuh di Nagara asia ini juga mudah ditemui dan merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Biasanya kangkung dijadikan sebagai pendamping makanan seperti tumis kangkung atau lalapan.

Kangkung juga kaya akan kalium,mangan dan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh oleh kalangan usia.

Oleh sebab itu, tentunya kangkung memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat kangkung yang telah dihimpun tim KOPERNESIA, Jumat,  29 Oktober 2021 dari berbagai sumber diantaranya:

1. Mengatasi anemia

Manfaat kangkung yang pertama adalah dapat mencegah anemia. Hal itu karena kandung zat besi yang terdapat dalam kangkung.

Zat besi sendiri sangat ampuh untuk memproduseri sel darah merah. Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke sel dan organ dalam tubuh

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menjadi gudang nutrisi, sayuran berdaun hijau ini adalah cara yang murah dan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh dibandingkan dengan suplemen vitamin C.

3. Mengatasi dehidrasi

Kangkung memiliki kandungan kalium dan kalium. Keduanya berperan untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh .

4. Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung dipercaya bisa mencegah kanker, karena antioksidannya bisa menangkal radikal bebas dari tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi kangkung juga tidak boleh berlebihan dan harus sesuai takaran yang tepat.***

Penulis:

Baca Juga