Gathering Kolaborasi Baqoel X Tanifund Dengan Mitra Baqoel Warahmah

Bekasi, Kopernesia -
Dampak dari pandemi yang sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun membuat perekenomian sangat terpuruk terutama bagi UMKM.Untuk membantu meringankan beban pelaku UMKM.

Baqoel yang merupakan pionir penyedia bahan pokok kebutuhansehari - hari sangat peduli terhadap anggota UMKM binaanya terutama bagi mereka yang berdagang di rumah. Warahmah adalah sebutan Warung Rumahan yang merupakanberusaha dirumah sendiri.

Untuk membantu meringankan beban pelaku UMKM Binaan Baqoel bersama TaniFund resmi menandatangani MoU tentang kerjasama bantuan permodalan sebagai modal kerja untuk pengembangan usaha UMKM.

CEO Baqoel, Dhian Arinofa mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat membantu dan mengembangkan usaha UMKM lebih maju dan luas lagi agar dapat naik kelas.

"Di tahun 2022 ini kami akan terus mengembangkan sistem kewirausahaan ini semakin luas dan bekerjasama dengan banyak mitra-mitra pembiayaan lainnya," ujar Dhian, Selasa (4/1/2022) di Gudang Baqoel Kalimalang Jl.KH. Noer Ali No. 3 Rt.005/006 A Jakasampurna Kec. Bekasi Jawa Barat.

Ditambahkan Dhian, karena sifatnya membantu para UMKM dan menggandeng mitra CSR, maka pihaknya akan memberikan subsidi bunga 0 (nol) persen selama 2 bulan dalam rangka mendukung pengusaha-pengusaha kecil untuk memulai usahanya.

"Dengan modal kecil yang bisa dipakai untuk paket usaha Warahmah, diharapkan ke depan bisa meningkat lagi menjadi kios Baqoel dengan modal usaha 50-100 juta, mitra bisa memiliki mini market dengan sistem ekonomi digital," jelas Dhian.

Dalam kesempatan tersebut, Vice President Business Development TaniFund, Grace Astari mengungkapkan bahwa kerjasama dengan usaha mikro merupakan pertama kalinya. Kerjasama ini dinilai baik karena Baqoel memiliki banyak pengusaha mikro di daerah dengan visi dan misi yang sama yaitu mensejahterakan masyarakat.

"Bedanya TaniFund dan Pinjol lainnya yaitu TaniFund lebih mengedepankan kemampuan pengembalian pinjaman yang diberikan oleh TaniFund kepada masyarakat. Dijelaskan Grace, metode pengembalian bisa dicicil hingga 6 bulan. Sebagai perusahaan pendanaan dibawah pengawasan OJK, seluruh pinjaman diasuransikan oleh TaniFund," jelasnya.

Lebih jauh Grace menjelaskan, pemberian modal tanpa agunan ini diberikan kepada mitra usaha kecil. Namun demikian, model usaha yang dimiliki oleh mitra usaha menjadi salah satu poin assessment bagi TaniFund dalam pengucuran dana tersebut.

"Kami percaya bahwa Baqoel juga telah melakukan assessment atau histori transaksi dengan mitranya," pungkasnya.

Reporter : Shanty

Penulis:

Baca Juga