Cinta Damai, Manfaatkan Cuaca Panas, Babinsa Bersama Petani Jemur Jagung

KOPERNESIA | Hujan yang berkepanjangan satu setengah bulan terakhir di Kabupaten Aceh Tenggara, khususnya di Desa Cinta Damai Kecamatan Babul Makmur, membuat para petani jagung sulit menjemur hasil panennya, Sabtu (27/11/2021)

Memanfaatkan cuaca cerah dan panas untuk menjemur hasil panen oleh petani dengan didampingi Babinsa Sertu Esron Simbolon anggota Posramil Babul Makmur jajaran Kodim 0108/Agara.

Menurutnya, sejauh ini petani jagung di Kecamatan Babul Makmur, khususnya di Desa Cinta Damai, masih mengandalkan panas matahari. Bila matahari tidak bersinar, karena terhalang hujan, maka petani jagung akan kesulitan.

“Bila hujan berkepanjangan adakalanya jagung pipil rusak karena tidak bisa dikeringkan dengan baik,” ujarnya Jhonson Hutapea (48) pemilik jagung.

“Jagung kini banyak diminati petani sebagai tanaman pengganti padi. Penyebabnya, harga jual jagung relatif stabil, dan perawatan tanaman tidak begitu sulit,” sambungnya.

Lebih lanjut,"kami sangat berterimakasih pada pak Babinsa yang sudah membantu kami mulai dari proses pengolahan tanah, pemupukan, panen, hingga proses penjemuran jagung, Babinsa tetap setia mendampingi para petani. Semoga adanya pendampingan TNI kepada para petani, para petani semakin semangat," tandasnya.

Babinsa Sertu Esron Simbolon menambahkan, "pendampingan serta membantu masyarakat khususnya petani mulai dari tingkat pendistribusian bibit, pupuk dan obat insektisida yang merupakan bantuan dari Distan, kami akan bantu," ujarnya.

Lebih lanjut, "kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para petani yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, untuk membantu sejahterakan masyarakat guna mensukseskan Swasembada Pangan Kabupaten Aceh Tenggara”, pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga