Budidaya Lele, Cara Pemdes Saukang Tingkatkan Ekonomi Warganya

Pjs. Kepala Desa Saukang, Muh. Rusli (tengah) meninjau lokasi budidaya ikan lele di Dusun Mangottong, Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/Kopernesia.

KOPERNESIA- Sampai saat ini krisis bagi Indonesia belum usai, baik dari segi kesehatan terutama adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada aspek ekonomi dan sosial.

Guna membangkitkan kembali ekonomi warga yang turun di tengah pandemi itu, Pemerintah Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan membangun kolam ikan lele.

"Sebagai perhatian pemerintah desa dalam meningkatkan ekonomi warga, kami putuskan pembuatan kolam ikan lele melalui dana pemberdayaan masyarakat," kata Pjs Kepala Desa Saukang, Muh Rusli yang ditemui saat meninjau langsung lokasi kolam di Dusun Mangottong, Rabu (27/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa pemilihan kolam ikan lele dirasa tepat, karena mudah dibudidayakan oleh warga dan memiliki pasar yang baik dari segi penjualan.

"Polanya sangat sederhana, dalam satu lokasi kolam yang didanai oleh desa, dibudidayakan tiga orang warga setempat dan setelah panen ada output ke Pemdes sebagai PAD. Begitu seterusnya, sehingga diharapkan dapat memberi nilai positif ke warga," ungkapnya.

Untuk saat ini, lanjut Rusli, ada beberapa titik yang sementara dikelolah warganya dan diproritaskan bagi warga kurang mampu. Rencananya kedepan akan tersebar disetiap dusun.

"Semoga kegiatan pemberdayaan ini berjalan baik, sehingga ekonomi warga meningkat, sekaligus turut mendukung program pemerintah daerah dalam mencegah stunting di desa," tutupnya.

Sementara Pendamping Desa, Fahardiansyah yang turut hadir meninjau lokasi kolam ikan lele menyampaikan apresiasi upaya Pemdes Saukang dalam meningkatkan ekonomi warganya.

Ia berharap langkah itu terus dilanjutkan, sehingga bisa memberikan dampak yang baik bagi kesejahteraan warga Saukang.

Penulis:

Baca Juga