Berikut Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Menjalani Puasa

KOPERNESIA - Tidak adanya asupan cairan di siang hari saat puasa dapat menyebabkan bibir jadi kering, sebagai tanda dehidrasi ringan.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, dari segala usia, baik pria maupun wanita. Apalagi jika kamu memang memiliki jenis kulit kering.

Lagipula, kulit di bagian bibir memang cenderung lebih tipis, dibanding bagian tubuh lainnya. Itulah sebabnya kulit bibir jadi lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Secara umum, bibir kering dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti cuaca panas atau dingin, sensitivitas terhadap makanan tertentu, dan dehidrasi karena sedang puasa.

Untuk mendapatkan informasi lainnya, anda bisa mengunjungi website Niteni.co yang menyediakan berbagai informasi akurat, terpercaya di Indonesia dan tentunya akan sangat berguna serta di butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Lalu, bagaimana mengatasi bibir kering saat puasa?

Kiat Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Memiliki bibir kering saat puasa memang cukup mengganggu penampilan. Namun, tenang saja, karena ada beberapa kiat mudah untuk mengatasi bibir kering saat puasa, yaitu:

1. Perbanyak Minum Air Putih saat Sahur dan Berbuka

Ketika bibir terasa kering, itu artinya tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin.

Namun, hal ini tentu tidak bisa dilakukan saat sedang berpuasa, ya.

Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Jumlah asupan air putih yang disarankan adalah minimal 8 gelas dalam sehari.

Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan cairan tubuh dari sumber lainnya, misalnya dari buah-buahan tinggi kadar air.

2. Hindari Konsumsi Kafein

Berbagai minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau minuman bersoda, dapat mengeringkan kulit bibir. Tak hanya itu, minuman berenergi dan alkohol pun turut memberikan efek serupa.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menghindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa, selama bulan Ramadan, jika tidak ingin mengalami bibir kering.

3. Batasi Makanan Asin dan Pedas

Kalau kamu termasuk penggemar makanan asin atau pedas, sebaiknya hentikan kebiasaan ini selama bulan Ramadan, ya.

Pasalnya, mengonsumsi makanan asin atau pedas dapat menyebabkan bibir jadi semakin kering, bahkan membuatnya tak kunjung sembuh.

Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat tenggorokan terasa semakin kering saat puasa. Akibatnya, kamu jadi lebih cepat haus dan mudah dehidrasi.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin dan Mineral

Untuk mengatasi bibir kering saat puasa, ada baiknya kamu memperhatikan menu sahur dan buka puasa. Sebab, kandungan nutrisi pada beberapa jenis makanan dapat membantu melawan masalah bibir kering.

Vitamin B misalnya, dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat paparan sinar matahari. Kamu dapat memperoleh vitamin ini dari makanan sumber protein seperti ikan, unggas, dan golongan kacang-kacangan.

Tambahkan juga asupan vitamin C pada menu sahur dan buka puasa. Sebab, vitamin C mengandung antioksidan yang mampu melawan sariawan dan bibir pecah-pecah.

Berbagai makanan sumber vitamin C yang bisa konsumsi adalah buah jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran hijau.

Selain vitamin B dan C, perbanyak juga konsumsi asam lemak omega-3. Sifat antiradang yang terkandung di dalamnya tak kalah penting untuk mengatasi bibir kering saat puasa.

Untuk mendapatkan asupan asam lemak omega-3, kamu dapat mengonsumsi tuna, mackerel, atau telur ayam yang mengandung asam lemak omega-3, saat sahur dan berbuka puasa.

5. Gunakan Lip Balm

Mengatasi bibir kering saat puasa juga dapat dilakukan dengan menggunakan lip balm. Meski lebih banyak digunakan oleh wanita, para pria juga bisa menggunakan lip balm untuk membantu menjaga kelembapan bibir saat puasa, lho. Lebih baik lagi, pilihlah lip balm yang mengandung SPF, untuk mencegah bibir kering akibat paparan sinar matahari.

Untuk menjaga kelembapan bibir yang maksimal, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, misalnya petroleum jelly.

Kandungan itu dapat memberikan sensasi kelembapan alami di bibir. Hindari lip balm yang mengandung eucalyptus atau menthol, yang justru akan memperparah dan mengiritasi bibir kering.

6. Jangan Menjilat-jilat Bibir

Saat menyadari bibir kering saat puasa, kebanyakan orang cenderung reflek menjilat atau membasahi bibir agar tak lagi kering.

Padahal sebenarnya, cara ini justru bisa memperparah bibir kering, lho. Meski air liur dapat membuat bibir tampak lebih segar sesaat, ketika air tersebut mengering, sisa-sisa yang ada di bibir akan segera menguap dan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis.

Akibatnya, bibir malah semakin kering dan mengelupas. Itulah beberapa kiat mudah mengatasi bibir kering saat puasa.***

Penulis:

Baca Juga