5 Langkah Agar Anda Terbebas dari Hutang

Ilustrasi Hutang

KOPERNESIA - Mungkin banyak dari kita yang saat ini sedang mempunyai hutang hingga sampai terlilit hutang.

Kebutuhan hidup sampai keperluan yang mendesak merupakan faktor penyebab seseorang berhutang.

Dilansir KOPERNESIA dari kanal YouTube Merry Riana pada Jumat 29 Oktober 2021, dirinya memberi tips bagaimana terhindar dari hutang diantaranya:

1. Mengakui masalah

Menurut Merry Riana dimana ada hutang, disitu pasti diawali dari suatu masalah, misalnya keperluan mendesak anak butuh biaya sekolah, atau yang jarang disadari hutang untuk menunjang gaya hidup.

Untuk mendapatkan solusi, kamu harus menyadari terlebih dahulu bahwa ada sesuatu yang salah yang mengakibatkan kamu terlilit hutang. Selama kamu tidak menyadarinya, hal tersebut akan membuatmu terbiasa berhutang.

2. Menghitung

Jika kamu mempunyai hutang, sebaiknya kamu perlu membuat list dimana saja kamu mempunyai hutang dan mulailah untuk menghitungnya di kertas. Hal ini dibutuhkan guna mengambil langkah selanjutnya.

Misalnya berapa hutang pokoknya dan berapa bunganya dengan menghitung juga jumlah pendapatan dan pengeluaran kamu termasuk aset yang kamu miliki saat ini.

3. Mengikhlaskan

Merry Riana juga menjelaskan bahwa ada beberapa solusi yang memang perlu rasa keikhlasan.

Misalnya merelakan rumah untuk dijual atau merelakan mobil karena sudah tidak mampu untuk membayar cicilan. Semua itu harus di ikhlaskan termasuk gaya hidup kamu.

4. Minta bantuan

Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain. Meminta bantuan bukan berarti menyuruh orang lain untuk melunasi hutang.

Tetapi meminta bantuanlah dengan konsultan keuangan atau orang-orang yang terlibat dalam hutang tersebut agar lebih mudahkan kamu untuk mendapatkan sistem pembayaran yang mudah.

5. Mengubah kebiasaan

Kamu juga perlu mengubah kebiasaanmu menjadi suatu kebiasaan yang lebih baik dan melihat gaya hidup harus satu level dibawah kemampuan.***

Penulis:

Baca Juga